Upah Layak Jurnalis Surabaya Rp 2,7 Juta

Aliansi Jurnalis Independen Kota Surabaya merilis upah layak untuk jurnalis Surabaya Rp 2,7 juta per bulan, Minggu (04/01/2009). Ketua AJI Surabaya Donny Maulana mengatakan, angka ini dihasilkan dari hasil survei kebutuhan sebulan terhadap 30 jurnalis dari 25 media mulai cetak, elektronik dan online se-Surabaya. Angka ini standar minimal bagi jurnalis baru yang masih lajang.

Koordinator survei upah layak, Andreas Wicaksono, mengatakan, survei dilakukan dengan questionaire dan berpatokan dengan standart survei upah layak buruh yang dikeluarkan Menteri Tenaga Kerja. Hanya saja ada beberapa yang diubah. Misalnya, jika standar pakaian yang dibeli buruh berasal dari pasar tradisional, maka khusus jurnalis diambil dari standar pakaian yang dibeli di pasar modern atau mall. AJI juga memasukkan kebutuhan komunikasi berupa pulsa hanpone dan internet untuk kebutuhan jurnalis.

Dari hasil survei juga ditemukan, rata-rata jurnalis media cetak di Surabaya digaji Rp 700 ribu sampai Rp 1,650 juta. Untuk Televisi Rp 300.000 sampai Rp 1,2 juta. Radio antara Rp 730 ribu hingga Rp 1,5 juta. Sedangkan Online Rp 700 ribu sampai Rp 1,250 juta.

Sumber: Tempo News Room, 4 Januari 2009

3 comments so far

  1. agilLuhung on

    setuju mas Doony, upah jurnalist harus sepadan dengan pekerjaan dan tantangan. Boleh tanya ??,.. gimana cara ngedaftar AJI Surabaya,..dan setoran awal pembanyaran untuk satu tahun pertama sebesar berapa??? Rp. 150.000,00 atau Rp.250.000,00,memang dulu saya pernah bergabung di Aliansi jurnalist Idependen” AWI” sebesar itu ,..by agil ” e-mail:agil_wajan@yahoo.com.telp:085735332706.terimakasih.

  2. andreas wicaksono on

    masuk di AJI tidak bayar uang pendaftaran. Anda harus benar-benar jurnalis, mematuhi kode etik AJI, mengisi formulir, dan tunduk pada peraturan organisasi. thx. andreas AJI Sby

  3. ghosali on

    klo jadi calon jurnalis syarat minimumnya apa aja ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: