Amien Rais Ungkapkan Empat Musuh Kebebasan Pers

Jakarta, Kompas – Pemerintah yang sedang berkuasa merupakan salah satu dari empat musuh kebebasan pers. Pemerintah berkuasa punya kecenderungan memberangus pers karena kekuasaannya tidak ingin diganggu. Hal ini disampaikan mantan Ketua MPR Amien Rais dalam diskusi “Tolak Pidanakan Jurnalis Ungkap Korupsi” yang diselenggarakan Perhimpunan Jurnalis Indonesia di Jakarta, Kamis (31/8). 

Diskusi menghadirkan pula antara lain Ketua Lembaga Pers Dr Soetomo Atmakusumah, Franz Magnis Suseno, anggota Komisi III DPR Gayus Lumbuun (Fraksi PDI Perjuangan, Jatim V), dan Ketua Badan Kehormatan DPR Slamet Effendy Yusuf (Fraksi Golkar, Jateng VIII) sebagai pembicara. “Jangan lupa musuh paling canggih adalah pemerintah yang berkuasa, punya alat kekuasaan, bisa me-reengineering segala sesuatu untuk menekan segala hal yang tidak menyenangkannya,” ujar Amien.

Selain pemerintah yang berkuasa, Amien menyebutkan, ada tiga musuh kebebasan pers lainnya. Mereka adalah pengusaha korup, kriminal global, dan kelompok antipluralis. “Kelompok antipluralis yang ada di bangsa ini tidak tahan dengan kemajemukan yang diusung media. Tidak heran mereka itu akan menekan media yang dianggap tidak mendukung mereka,” ujarnya. Untuk mewujudkan kebebasan pers, menurut Amien, kalangan pers harus berani melawan untuk mempertahankan eksistensinya.

Slamet Effendy Yusuf yang sepakat dengan Amien mengatakan, ancaman terhadap kebebasan pers tersebut bisa juga muncul dari diri sendiri. Kebebasan pers yang dipakai semena-mena dapat merusak kebebasan itu sendiri.(MAM/JOS)

Jumat, 01 September 2006

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: