Heru-Manan Terpilih Pimpin AJI

Jakarta – Heru Hendratmoko, direktur produksi Radio 68H dan Abdul Manan, wartawan Majalah Tempo, terpilih sebagai ketua umum dan sekjen Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2005-2008.

Heri dan Manan terpilih dalam Kongres AJI VI yang berlangsung di Pusdiklat Lautan Berlian, Cipanas, Sabtu (26/11/2005).

Keduanya menggantikan Eddy Suprapto dan Nezar Patria, pasangan ketua umum dan sekjen AJI periode 2003-2005. Demikian siaran pers AJI yang diterima detikcom, Minggu (27/11/2005).

Dalam orasinya, Heru mengatakan, saat ini kebebasan pers Indonesia masih di bawah ancaman. Entah itu melalui kekerasan terhadap jurnalis sampai banyaknya gugatan terhadap media dengan pasal pencemaran nama baik.

“Prioritas AJI ke depan adalah mendorong peningkatan kehidupan pers yang bebas dan profesional di Indonesia,” kata pria kelahiran Mojokerto, 7 Agustus 1964, ini.

Selain isu kebebasan pers, tambah Heru, yang juga akan menjadi perhatian besar AJI adalah memperkuat organisasi ini secara kelembagaan, baik yang ada di Jakarta maupun di daerah. Untuk peningkatan kemampuan organisasi AJI di daerah akan menyesuaikan permasalahan di tiap-tiap AJI kota.

Tujuan akhir dari program ini adalah peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan jurnalis anggota AJI serta turut mendorong agar manajemen pers lebih demokratis.

Kongres AJI VI digelar 24-26 November 2005. Kongres ini juga memaparkan hasil penelitian terhadap kehidupan jurnalis di 17 kota di Indonesia. Kongres juga menghasilkan sejumlah resolusi.(nrl/)

Nurul Hidayati – detikcom

Sumber: Detik.com, Sabtu (26/11/2005)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: