Heru Hendratmoko dan Abdul Manan Pimpin AJI

Cianjur – Pasangan Heru Hendratmoko (radio 68H) dan Abdul Manan (majalah Tempo) terpilih menjadi Ketua dan Sekjen Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2005-2008.

Dalam pemilihan yang berlangsung di Wisma Lautan Berlian, Cipanas Cianjur, Jawa Barat, Sabtu malam (26/11/2005), pasangan ini mengalahkan Rommy Fibri (Tempo) dan Ecep S Yasa (SCTV) dengan selisih tipis, 39 melawan 37 suara.

Kongres AJI ini berlangsung sejak hari Kamis (24/11/2005) dan ditutup pada Minggu dinihari (27/11/2005). Kongres dihadiri oleh sekitar 200 utusan dari 21 AJI Kota seluruh Indonesia.

AJI didirikan pada tanggal 7 Agustus 1994 oleh para penggagas di Sinar Galih, Bogor. Organisasi ini pada awalnya lebih banyak memperjuangkan kebebasan pers , berserikat, dan berkumpul.

Dalam perkembangannya, organisasi ini lebih banyak bergerak pada pengembangan profesionalisme jurnalistik yang berbasis pada serikat pekerja.

Pernah menjadi Ketua AJI antara lain Lukas Suwarso, Didik Supriyanto, Ati Nurbaiti, Eddy Suprapto dan sekarang dipimpin oleh Heru Hendratmoko. (ddn/)

Suwarjono – detikcom

Sumber: Detik.com, Sabtu (26/11/2005)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: