Oknum Polisi Aniaya Wartawan, Polda Sulsel Didemo

Makassar – Tak terima atas penganiayaan yang dilakukan oknum polisi terhadap Muhammad Idris, salah seorang wartawan Suara Celebes FM, radio lokal di Makassar, sekitar 50 orang wartawan mendatangi Mapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Jl Perintis Kemerdekaan, Selasa (30/08/2005). Para kuli tinta ini mendesak kasus ini diusut tuntas.

Kasus ini berawal dari penangkapan yang dilakukan oleh AKP Joko Pitoyo atas Daeng Bella. Joko yang saat itu tidak berdinas, secara tidak sengaja memergoki Daeng Bella yang membawa sejumlah Jerigen berisi arak.

Joko pun ingin menangkap Daeng. Saat menangkap, Joko pun melakukan pemukulan terhadap Daeng Bella. Saat itu, Idris yang juga secara tidak sengaja mendapati peristiwa itu, hendak meliputnya.

Melihat Daeng Bella yang dipukuli bertubi-tubi, Idris iba. Dia mendekati Joko, sambil mencoba untuk melerainya.

Namun, saat ingin melerai, Idris malah kena tonjok. “Perut saya dipukul tiba-tiba. Jadi, saya langsung bilang saya wartawan. Tapi dia malah bilang, tidak peduli dengan wartawan, sambil menampar saya,” terang Idris.

Tidak trerima atas perlakukan ini, Idris bersama puluhan wartawan pun menggelar aksi protes ke Mapolda Sulsel.

“Sudah seringkali kasus seperti ini terjadi. Wartawan malah dianiaya saat meliput. Di mana komitmen Kapolda yang pernah menjanjikan kebebasan dan jaminan keamanan di lapangan,” tutur Hendranik, wartawan Smart FM, yang juga kordinator aksi.

Tak lama berorasi, para wartawan pun ditemui oleh Wakil Kapolda Sulsel, Brigjen Pol Andi Masmiat. “Sekarang pelaku (Joko) sudah diperiksa oleh Kanit P3D Polwiltabes Makassar. Kalau nanti terbukti, akan kami tindak,” tutur Masmiat. Aksi ini berakhir sekitar pukul 13.30 Wita. (asy/)

Gunawan Mashar – detikcom

Sumber: Detik.com, Selasa (30/08/2005)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: