Anggota Beber Korupsi di AJI

Jakarta – Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menuduh rekan kerjanya terlibat korupsi. Edy Hartadi mengungkapkan adanya dugaan korupsi yang dilakukan Lukas Luwarso dalam kasus penggelapan dana proyek pelibatan media massa dalam pemantauan program kecamatan yang didanai oleh World Bank.

Meski sejumlah bukti telah diberikan, sepertinya polisi tidak sama berupaya menuntaskan kasus ini. “Proses penyidikan terkesan lamban. Kami mendesak Kapolri untuk segera menuntaskan kasus ini,” demikian siaran pers yang diterima detikcom dari Serikat Pengacara Rakyat yang mewakili Edy, Minggu (31/7/2005).

Edy mengaku telah melaporkan kasus ini pada 3 Mei 2005 ke Polda Metro Jaya. Namun hingga kini, dia tidak mengetahui lagi perkembangan penyidikan kasus ini. Padahal bukti-bukti yang mendukung untuk penyidikan telah diserahkan kepada pihak kepolisian.

Edy amat menyayangkan sikap kepolisian ini. Menurutnya, kepolisian harus segera memeriksa Lukas sebagai orang yang paling mengetahui hal-ihwal mengenai korupsi itu.

Kelambanan kepolisian, lanjut Edy, justru akan memperbesar peluang orang-orang yang diduga terlibat korupsi dapat melarikan diri atau pun menghilangkan barang bukti. Pengusutan kasus ini juga dinilai dapat menghindari tercemarnya nama AJI.

Kekhawatiran ini semakin besar, karena adanya informasi bahwa Lukas Luwarso akan berangkat ke Amerika Serikat pada 5 Agustus ini dan menetap di sana untuk waktu yang cukup lama. Dia mendesak kepolisian untuk mencekal Lukas Luwarso.
(atq/)

Muhammad Atqa – detikcom

Sumber: Detik.com, Minggu (31/7/2005)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: