SBY Minta Penyandera Bebaskan Reporter Metro TV

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta pihak atau kelompok tertentu di Irak segera membebaskan reporter dan kameramen Metro TV. Pemerintah RI akan menempuh semua jalur diplomatik, baik formal maupun informal untuk mengupayakan penyelamatan kedua wartawan itu.

“Atas nama rakyat dan bangsa Indonesia, saya minta 2 warga negara kami segera dibebaskan. Keberadaan mereka di Irak adalah untuk menjalankan tugas profesional jurnalistik dalam rangka persahabatan, tidak terkait kegiatan politik atau berniat melibatkan diri dalam konflik yang terjadi,” ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/2/2005).

Langkah formal itu melalui jalur diplomasi yang dikoordinir jajaran Deplu melalui Crisis Center di KBRI Yordania dan perwakilan Indonesia di Irak. Sedangkan langkah informal dengan melibatkan unsur non pemerintah seperti tokoh agama dan lainnya yang mempunyai akses kontak dengan pihak-pihak di Irak. “Saya sangat menghargai apabila hal ini dapat dikomunikasikan ke Irak,” katanya.

Sejauh ini, Deplu belum memperoleh informasi apakah reporter Metro TV Meutya Hafid dan kameramen Budiyanto diculik. Hingga kini belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab atau menyampaikan tuntutannya.

Motifnya juga belum dapat dipastikan, apakah mereka memang menjadi incaran sejak awal atau sekadar ketidaksengajaan. “Dalam artian sebetulnya bukan mereka yang diculik tapi yang lainnya,” jelasnya.

Dikatakan SBY, Deplu telah menempuh sejumlah langkah awal dengan mengaktifkan 24 jam Crisis Center di Amman untuk mengumpulkan informasi lebih jauh hingga ada kejelasan untuk kemudian mengambil langkah penyelamatan. Untuk menghindari kekeliruan dalam diplomasi, pemerintah memilih menunggu informasi-informasi yang lebih lengkap. (rif/)

Luhur Hertanto – detikcom

Sumber: Detikcom Jumat (18/2/2005)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: