Dewan Pers Kecewa Putusan Sidang Radar Jogja vs KR

Yogyakarta – Anggota Dewan Pers, Hinca Panjaitan menyatakan kekecewaan atas putusan/vonis yang dijatuhkan majelis hakim dalam sidang terhadap mantan General Manager (GM) Harian Radar Jogja, Risang Bima Wijaya, di Pengadilan Negeri (PN) Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Alasannya Dewan Pers selama ini belum pernah memberikan kesaksian dan statemen resmi di persidangan namun oleh majelis hakim kemudian menjadi dasar putusan vonis sidang.

“Saya kecewa kenapa kesaksian RH Siregar dipakai menjadi dasar pertimbangan. Dewan Pers belum pernah memberikan statemen resmi,” kata Hinca dengan nada berang seusai sidang di PN Sleman di Beran, Rabu (22/12/2004).

Hinca mengatakan, dalam sidang kasus pencemaran nama baik pemimpin harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta H Soemadi Martono Wonohito itu dengan terdakwa Risang Bima Wijaya (30) itu, Dewan Pers tidak pernah memberikan kesaksian resmi sehingga menjadi dasar pertimbangan majelis hakim untuk menjatuhkan vonis.

“Itu tidak betul dan kami tidak tahu menahu. Dewan Pers belum mengeluarkan surat resmi apapun atau malah jaksanya yang salah kutip,” katanya.

Oleh karena itu kata Hinca pihaknya setelah ini secara internal akan menanyakan langsung kepada RH Siregar berkaitan dengan kesaksian tersebut. “Kita akan tanyakan soal itu keada RH Siregar,” katanya sekali lagi.

Hal senada juga dikatakan oleh Pemimpin Redaksi Harian Jawa Pos Arief Affandi bahwa secara pribadi dirinya merasa sedih atas putusan yang dijatuhkan hakim terhadap Risang. “Tidak hanya untuk vonisnya Risang saja tapi juga terhadap wartawan lainnya. Artinya semua kerja jurnalistik akan bisa dipidanakan,” katanya.

Arief juga kecewa dengan adanya kesaksian anggota Dewan Pers RH Siregar yang dijadikan dasar pertimbangan di persidangan. “Kita pertanyaan soal itu karena ada oknum yang justru telah memperjual-belikan kebebasan pers,” katanya.(nrl/)

Bagus Kurniawan – detikcom

Sumber: Detik.com, Rabu (22/12/2004)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: