Megawati Bicara soal Kebebasan Pers Indonesia di Jepang

Tokyo, Senin – Presiden Megawati Seokarnoputri mengutarakan salah satu hasil terbesar dari gerakan reformasi di Indonesia adalah soal kebebasan pers.

“Mereka sangat menikmati kebebasan yang oleh banyak kalangan malah mulai dikatakan lebih bebas dari pers manapun, dan mungkin termasuk di Jepang,” kata Presiden dalam pertemuan dengan sekitar 150 wartawan Jepang di Tokyo, Senin (23/6).

Kepala Negara yang pada acara itu mengenakan blus merah muda, mengatakan, ketika banyak kalangan mulai risau dengan ekses yang ditampilkan oleh kebebasan pers, pemerintah Indonesia menyerahkan pemikiran tentang bagaimana merumuskan dan mewujudkan keseimbangan antara kebebasan itu dengan tanggung jawab kepada kalangan pers Indonesia itu sendiri.

Ia menambahkan, telah menjadi catatan umum kerinduan terhadap sikap dan tata cara penyelenggaraan kehidupan yang lebih demokratis telah memberi ruang gerak yang lebih longgar kepada kebebasan menyatakan pemikiran dan mengeluarkan pendapat. “Kebebasan tersebut menjamin proses pengambilan keputusan yang transparan, memberi penghormatan tertinggi terhadap hukum dan proses peradilan yang benar-benar tidak memihak,” kata Presiden.

Sementara itu, moderator pertemuan, Toshihiko Uji dari Japan National Press Club, menyatakan bahwa kebebasan pers di Indonesia lebih baik daripada yang ada di Jepang, karena sikap Perdana Menteri Junichiro Koizumi yang kurang memberikan kebebasan pers. “Oleh karena itu saya pesan kepada Ibu Megawati untuk membicarakan masalah kebebasan pers ini kepada PM Koizuimi,” katanya yang disambut tertawa hadirin.(Ant/nik)

Kompas, Senin, 23 Juni 2003, 16:09 WIB
http://kompas.com/utama/news/0306/23/160626.htm

4 comments so far

  1. lita on

    saya ingin mencari pers jepang pada masa pemerintahan jepang?ada!tolong kirimkan ke email saya!

  2. alfi on

    tolong kirkan pers pada masa jepang, belanda, masa revolusi

  3. murid SMA on

    saya mencari kebebasan pers pada masa pemerintahan Soekarno,Soeharto,B.J Habibie,Gus Dur,Megawati,dan Susilo Bambang Yudhoyono.Ada?
    kirim ke mail saya.besok paling lambat.

  4. piwie on

    tolong kirimkan artikel tentang pers pada masa pemerintahan presiden pertama RI sampai dengan saat ini.segera!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: